• Kamis, 8 Desember 2022

Menolak Lupa! 30 Fakta G30S PKI, Sejarah Kelam Bangsa Indonesia. Apa Kaitannya dengan Soeharto?

- Rabu, 28 September 2022 | 15:50 WIB
Fakta peristiwa G30S PKI dan Kaitannya denga Soeharto
Fakta peristiwa G30S PKI dan Kaitannya denga Soeharto

Giwangkara.com - Peristiwa G30S PKI merupakan sejarah kelam Bangsa Indonesia yang terjadi pada tahun 1965, dimana terdapat tujuh Jenderal yang tewas akibat dibunuh.

G30S PKI merupakan singkatan dari Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia, ini merupakan peristiwa yang memiliki latar belakang kudeta, dimana jenazah tujuh jendral tersebut dimasukkan ke dalam sumur lama di daerah Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Penyebutan peristiwa ini beragam, Presiden pertama Indonesia Soekarno menyebutnya dengan GESTOK (Gerakan Satu Oktober), kemudian Presiden kedua Indonesia, Soeharto menyebutnya GESTAPU (Gerakan September Tiga Puluh), dan pada orde baru Soeharto mengubahnya menjadi G30S PKI.

Baca Juga: Tujuan Aksi Pemberontakan G30S PKI yang Mengugurkan Pahlawan Revolusi, Tragedi Kelam Bangsa Indonesia

Pada 1 Oktober 1965 dini hari, tujuh jenderal senior menjadi sasaran penculikan oleh oknum dalam upaya kudeta yang disalahkan kepada para pengawal istana (Cakrabirawa) yang dianggap loyal kepada PKI dan pada saat itu dipimpin oleh Letkol. Untung.

Bagi orang-orang yang mengalami peristiwa pemberontakan G30S PKI, peristiwa ini meninggalkan luka yang sangat mendalam.

Bahkan mantan anggota Cakrabirawa yang menjadi pelaku penculikan tersebut mengalami mimpi buruk dan mengigau saat tidur seminggu dua kali.

Namun sejarah Indonesia G30S PKI ini harus tetap dikenang, agar peristiwa kejam seperti ini tidak terjadi lagi pada bangsa Indonesia ini.

Baca Juga: Mengenang 10 Sosok Pahlawan Revolusi yang Gugur Saat Peristiwa G30S PKI? Berikut Biografi Singkatnya

Halaman:

Editor: Indana Zulfa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X