• Senin, 5 Desember 2022

Cek Fakta, Apakah Kepribadian Mempengaruhi Genre Musik?

- Kamis, 29 September 2022 | 13:59 WIB
Banyak orang bertanya faktor apa saja yang mempengaruhi prefensi musik, apakah kepribadian dapat mempengaruhi genre musik?
Banyak orang bertanya faktor apa saja yang mempengaruhi prefensi musik, apakah kepribadian dapat mempengaruhi genre musik?

Giwangkara.com – Musik memiliki peran penting dalam kehidupan, orang mendengarkan musik sebagai salahsatu cara untuk mengatur suasana hati, motivasi, atau untuk mendapatkan inspirasi.

Maka dari itu banyak orang bertanya faktor apa saja yang mempengaruhi preferensi musik.

Menurut salahsatu penelitian Adrian North, terkadang seseorang merasa sulit mengungkapkan preferensi musik mereka disebabkan karena sebagian besar diasumsikan ada kaitanya dengan sikap dan kepribadian seseorang.

Baca Juga: Bahas Aset Investasi, Saham VS Kripto

Bahkan ada penelitian yang mendefinisikan jati diri seseorang dapat dirasakan melalui music dan menggunakan sarana music sebagai media untuk berinteraksi dengan seseorang.

Penelitian tersebut menunjukan adanya hubungan yang sering terjadi antara individu dan selera musik mereka, seperti contohnya Rappers yang berinteraksi menggunakan lirik lagu mereka dengan yang Rappers lainya.

Studi psikologis mendukung bahwa preferensi musik sebenarnya terkait dengan gaya kognitif seseorang atau cara bepikir tentang berinteraksi terhadap dunia sekitar.

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Menjadi 'Orang Tua Baru,' Tips Parenting Sehat dan Cerdas

Penelitian pada tahun 2016 oleh seorang Psikolog David Greenberg meneliti tentang jati diri seseorang digambarkan melalui musik, penelitian ini berjudul ‘The Song Is You’, tujuan utama penelitian ini untuk mengevaluasi bagaimana musik menarik ‘gairah’ (tingkat energi musik), ‘valensi’ (spektrum emosi sedih ke Bahagia dalam music), dan keterkaitanya dengan sifat kepribadian seseorang.

Halaman:

Editor: Amat Heryadin

Tags

Terkini

X