Berharap Ada Jembatan Layang dari Baleendah ke Arah Bojongsoang Kabupaten Bandung

- Sabtu, 7 Januari 2023 | 11:53 WIB
Berharap Ada Jembatan Layang dari  Baleendah ke Arah Bojongsoang Kabupaten Bandung (dokumentasi)
Berharap Ada Jembatan Layang dari Baleendah ke Arah Bojongsoang Kabupaten Bandung (dokumentasi)


Kab. Bandung, Giwangkara.com -- Kabupaten Bandung adalah salah satu daerah yang memiliki kawasan wisata yang cukup banyak, terutama dikawasan selatan, baik daerah Pangalengan, Ciwidey, Majalaya, Kertasari (Cisanti) dan daerah lainnya.

Selain daerah wisata juga Kabupaten Bandung adalah memiliki kawasan industri yang tersebar di hampir semua kecamatan, antara lain Dayeuhkolot, Banjaran, Majalaya, Rancaekek, Cikancung dan lainnya.

Kabupaten Bandung juga dulu disebut sebagai lumbung padi, seiring dengan dinamika perkembangan situasi dan bertambahnya jumlah penduduk diwilayah Kabupaten Bandung, kawasan pertanian saat ini mulai menyusut karena sebagian kawasan pertanian, digunakan untuk pembangunan perumahan banyaknya.

Baca Juga: Banjir Cileuncang dan Drainase di Sepanjang Jalan Baleendah ke Arah Bandung

Salah satunya adalah lahan pesawahan produktif, dikawasan Ciganitri dan Cikoneng, saat ini sudah berdiri bangunan perumahan. Dan tentunya mau tidak mau berdampak berdampak terhadap lingkungan, salah satunya banjir dan kemacetan arus lalu lintas.

Hal ini tidak dapat dipungkiri sebagai dampak dari banyak perumahan di kawasan selatan kota Bandung, walaupun daerah Bandung selatan adalah khususnya di wilayah Kecamatan Baleendah, sebagian Kecamatan Bojongsoang dan Dayeuhkolot, jika musim hujan tiba, apalagi hujannya terus menerus dan sungai Citarum meluap, maka terjadinya banjir dibeberapa kawasan seperti yang disebutkan diatas, ditambah saat ini, kerap terjadi banjir Cileuncang dibeberapa ruas jalan dan pemandangan ini seolah sudah jadi pemandangan biasa, kadang luput dari perhatian pemerintah, akhirnya, jalan menjadi rusak.

Maka dengan ada kerusakan jalan akhirnya mengganggu arus lalu lintas dan terjadilah kemacetan. Hasil pengamatan penulis, mulai masuk wilayah Kabupaten Bandung, khususnya dari jalan ke arah selatan menuju Majalaya, Banjaran, terdapat beberapa bangunan yang berdiri antara lain Trans Mart Buah Batu/ Bojongsoang, Yogya Super market, perumahan Cigantri, perumahan Podomoro, Pesona Bali, GBA, Borma super market, kemudian sampai kearah Baleendah juga terdapat perumahan baru yang asalnya tanah pertanian, termasuk perbukitan, bahkan sebagian lahan pertanian di kawasan Jelekong, sampai wilayah Ciparay, dan daerah lainnya, sudah dikuasai oleh para pengembang perumahan.

Baca Juga: Pemakaman Wakaf Umum di Baleendah Selalu Kebanjiran

Publik berharap dengan bedas-nya Kabupaten Bandung, berharap adanya solusi terbaik bagi masyarakat luas, untuk mengurangi kemacetan arus lalu lintas akibat banjir Cileuncang atau meluapkan sungai Citarum, hingga sebagian wilayah di Kabupaten Bandung kebanjiran dan mengakibatkan sebagian ruas jalan, dari arah Majalaya- Banjaran ke arah kota Bandung, seperti Jl.Siliwangi, Jl.Terusan Bojongsoang, terjadi kemacetan yang luar biasa, maka kiranya Pemda Kabupaten Bandung membuat solusi alternatif, yaitu dibuatkan jalan layang atau flyover dari Baleendah ke arah Jl.Bojongsoang.

(Penulis, Warga masyarakat Baleendah Kabupaten Bandung).

Halaman:

Editor: kwon oca

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BIJB Kertajati Dijual?

Senin, 23 Januari 2023 | 14:07 WIB

Rekomendasi 5 HP Vivo Terbaru 2023

Kamis, 19 Januari 2023 | 10:03 WIB

Fitur WhatsApp Aero Apk Berikut Link Downloadnya

Sabtu, 31 Desember 2022 | 23:29 WIB
X