• Jumat, 27 Mei 2022

Anak-Anak Dibawah 12 Tahun dapat Mengunjungi Tempat Wisata, Ini Syarat dan Ketentuan

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 14:00 WIB
Ilustrasi Anak Sudah Bisa Masuk Ke Tempat Wisata (Kumparan.com})
Ilustrasi Anak Sudah Bisa Masuk Ke Tempat Wisata (Kumparan.com})

Jakarta, Giwangkara.com -- Anak-anak di bawah 12 tahun dapat mengunjungi tempat-tempat wisata. Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.

Sandiaga, bagaimanapun, menyatakan bahwa aturan membutuhkan diskresi pemerintah daerah. Menurutnya, bahkan kebijakan mengizinkan anak-anak di bawah usia 12 tahun masuk ke destinasi wisata sudah cukup untuk memenuhi tujuan vaksinasi di masing-masing daerah.

Dilansir dari Sindonews.com, Sandiaga mengatakan “Tentu saja kebijakan daerah berkaitan dengan vaksinasi (pelaksanaan). Itu harus termasuk dalam kategori yang termasuk dalam tujuan. Kewenangan itu ada di tangan pemerintah daerah dan pegawainya,” Jumat malam (15 Oktober 2021) di Sanankerto Resort Village, Kota Malang.

Pariwisata dirugikan, terutama di destinasi wisata dengan segmen keluarga seperti Jatim. Park and Selecta Parque Recreativo, di kota Batu. Oleh karena itu, pihak Anda akan memberikan konsesi kepada pengelola wisata.

Baca Juga: Bareskrim Kejar WNA yang Membiayai Pinjaman Ilegal untuk Jaringan Jakarta-Tangerang

Tour operator dapat meminta pemerintah daerah untuk memasukkan destinasi wisata untuk anak di bawah 12 tahun.

“Kami memberikan ruang bagi pengelola destinasi untuk mengadopsi kebijakan. Ini merupakan diskresi yang harus dikoordinasikan dengan pemerintah daerah dan pokja Covid19 setempat,” ujarnya.

Selain itu, orang tua dari 4.444 anak di bawah 12 tahun yang masuk ke tempat wisata juga harus mendapat dosis penuh.

"(Diizinkan) selama orang tua divaksinasi lengkap dan Peduli Protect berwarna hijau," kata Menparekraf Sandi.

Sandi menambahkan, saat ini ada beberapa destinasi wisata di Indonesia yang telah mendapatkan pedoman yang mengizinkan anak-anak di bawah usia 12 tahun masuk ke destinasi wisata selama orang tuanya telah mendapatkan semua vaksinasi.

"Sudah ada beberapa destinasi wisata di Yogyakarta dan Jawa Tengah yang kami tawarkan saran seperti ini," kata menteri berusia 52 tahun itu.

Baca Juga: Rocky Gerung: Bagi Generasi Milenial Ganjar dan Puan adalah Orang Bodoh

Sebagai informasi: Di ​​Kawasan Metropolitan Malang yang merupakan gabungan dari Kota Malang, Kota Kabupaten Malang dan Kota Batu, sudah ada beberapa destinasi wisata yang mencoba membuka destinasi wisata.

Saat ini pengelola destinasi wisata Malang Raya masih belum mengizinkan anak-anak di bawah usia 12 tahun masuk ke kawasan wisata.

Halaman:

Editor: kwon oca

Sumber: sindonews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPRD Jabar Terima Audiensi KSPSI Jawa Barat

Kamis, 19 Mei 2022 | 20:39 WIB
X