• Kamis, 2 Desember 2021

Pentas Seni jadi Penutup Rangkaian HJKB ke-211: Awal Kebangkitan Kota Bandung dari Pandemi

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 13:08 WIB
Penutupan cara HJKB (BewaraJabar.com)
Penutupan cara HJKB (BewaraJabar.com)

Bandung, Giwangkara.com -- Pagelaran pentas seni virtual bertajuk 'Bandung Harmoni, Tuntaskan Pandemi' menjadi penutup rangkaian peringatan Hari Jadi ke-211 Kota Bandung (HJKB). Kegiatan tersebut juga berlangsung offline secara terbatas di Plaza Balai Kota Bandung, Sabtu, 23 Oktober 2021.

Acara tersebut dimeriahkan penampilan akustik, seni tari anak-anak disabilitas binaan RBM, Paduan Suara Mahasiswa UPI, Mario Kahitna, dan ditutup wayang golek.

Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan, pentas seni virtual bukan hanya rangkaian HJKB saja, tetapi juga memberi ruang bagi seniman dalam mengembangkan kreativitas berkesenian, sekaligus memperkokoh jati diri warga Kota Bandung.

"Saya merasa bangga, warga Kota Bandung hampir tidak pernah kehilangan gagasan dalam mengembangkan seni budaya, yang sebagian di antaranya berkembang menjadi industri kreatif," kata Oded.

Baca Juga: Usai Melapor Kasus KDRT, Marlina Octoria dapat Teror Tengah Malam yang Diduga Dilakukan Oleh Ayah Taqy Malik

Menurutnya, seni budaya merupakan bagian yang tak terpisahkan dari peradaban manusia. Mengingat, kreativitas lahir dari pemikiran filsafat, kesusastraan, dan wacana ilmiah, sebagai hasil interaksi manusia dengan sesama, alam, serta sang maha pencipta.

Penutupan HJKB (BewaraJabar.com)

"Seni budaya juga sering disebut sebagai pembentuk karakter, baik melalui pembiasaan maupun pendidikan. Nilai-nilai yang terkandung di dalamnya mengisi setiap sudut rasa dan pikiran serta diwujudkan dalam perilaku," tuturnya.

Oded menilai, pentas seni virtual bisa menjadi tontonan dan juga tuntutan. Tontonan karena sifatnya yang menghibur, sedangkan tuntutan karena sarat dengan ajakan yang bersifat mendidik, informatif, serta memberikan pilihan kehidupan.

Halaman:

Editor: kwon oca

Sumber: BewaraJabar.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Naik 'Cuma' 31 Ribu, Berapa Besaran UMK di Jabar?

Rabu, 1 Desember 2021 | 19:52 WIB

BMKG: Hujan Berakhir Diprediksi pada April-Mei 2022

Jumat, 26 November 2021 | 17:23 WIB
X