• Selasa, 5 Juli 2022

Selain di Darat, Korem 064/MY Miliki Tugas di Wilayah Perairan: Pangdam III/Slw Serahkan 'Perahu Skiff Rescue'

- Rabu, 18 Mei 2022 | 18:24 WIB
Tak Hanya di Darat, Wilayah Teritorial Korem 064/MY Miliki Tugas di Wilayah Perairan, Pangdam III/Slw Serahkan 'Perahu Skiff Rescue' (Pendam III Siliwangi)
Tak Hanya di Darat, Wilayah Teritorial Korem 064/MY Miliki Tugas di Wilayah Perairan, Pangdam III/Slw Serahkan 'Perahu Skiff Rescue' (Pendam III Siliwangi)

Bandung, Giwangkara.com -- Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P., menyerahkan hasil inovasinya “Perahu Skiff Rescue” kepada Danrem 064/MY Brigjen TNI Yunianto, S.Sos., M.M., pada acara pameran Inovasi dan Teknologi Kodam III/Slw di Jalan Aceh No. 69 Kota Bandung, Jawa Barat.

Hal itu dibenarkan Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto, di sela-sela kegiatan mendampingi Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, di Taman Pule Kodam III/Slw, jalan Aceh No. 69 Kota Bandung, Rabu (18/5/2022).

Dikatakan Kolonel Inf Arie Hedhianto, penyerahan Dua Perahu Skiff Rescue oleh Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo dan diterima langsung oleh Danrem 064/MY Brigjen TNI Yunianto, pada Selasa 17 Mei 2022 kemarin. Diberikannya perahu tersebut sesuai dengan peruntukannya. Pasalnya, wilayah teritorial Korem 064/MY selain teritorial darat juga memiliki tugas wilayah teritorial perairan.

Baca Juga: Ikhtiar Mendukung Pendidikan Pelajar dan Santri, ACT Bandung Distribusikan Mushaf Alquran

Lanjut Kolnel Inf Arie Tri Hedhianto mengatakan, bahwa perahu Skiff Rescue tersebut jenis kapal yang didesain dengan lambung hampir datar, sarat air (draft) yang rendah serta permukaan kapal terbuka, dilengkapi dengan pelindung lambung yang berfungsi sebagai proteksi terhadap kapal penumpang dalam pengoperasian, terutama pada saat melakukan operasi penyelamatan atau evakuasi korban.

Karakteristik desain Skiff Rescue ini menjadikan kapal sangat stabil dan mudah dioperasikan terutama pada saat pengoperasian (pencarian dan evakuasi korban) saat terjadi bencana banjir, perairan dangkal atau pesisir pantai. Karena dibuat dari bahan Composite/Fiberglass dan sekeliling kapal dilindungi dengan Polyethylene Foam dibungkus lembaran PVC Rubber.

Sementara itu, pada bagian belakang (ruang kemudi) dipasang tali pengaman mesin serta dibuatkan locker terpisah untuk penempatan tangki BBM. Begitu juga pada beberapa bagian (sisi kiri dan kanan) dipasang pegangan tangan dekat juru mudi dan penumpang yang juga dapat berfungsi pegangan pada saat mengangkat kapal.

Baca Juga: Presiden Bolehkan Kegiatan Outdoor Buka Masker, Yana: Kita Serahkan kepada Keyakinan Masyarakat

Pembuatan Skiff Rescue pun, ini dilakukan dengan metode full moulded Vacuum Infusion, sehingga menjadikan kapal ini kuat dan ringan, sehingga mudah dan praktis dipersiapkan ketika dibutuhkan.

Spesifikasi Skiff Rescue memiliki panjang lambung 450 cm, lebar lambung 140 cm, tinggi lambung 40 cm, berat lambung 95 kg, sementara daya muat atau angkut 450 kg (delapan personel), untuk material terbuat dari Composite Fiberglass dengan PE Foam.

Halaman:

Editor: kwon oca

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Touring Siliwangi Babak 3, Hari Ini Digelar

Senin, 4 Juli 2022 | 22:24 WIB

Kapolri Persilahkan Masyarakat Kritik Polri

Senin, 4 Juli 2022 | 12:11 WIB
X