• Selasa, 5 Juli 2022

Rangkaian HUT ke-76 Kodam III/SLW, Babinsa Pesisir Pantai Dilatih Budidaya Lobster

- Rabu, 22 Juni 2022 | 15:50 WIB
Babinsa Pesisir Pantai Dilatih Budidaya Lobster (Pendam iii/siliwangi)
Babinsa Pesisir Pantai Dilatih Budidaya Lobster (Pendam iii/siliwangi)

Bandung, Giwangkara.com -- Kodam III/Siliwangi menggandeng Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Padjadjaran, gelar pelatihan budidaya lobster laut yang berlangsung dari tanggal 16 hingga 19 Juni 2022 lalu, bertempat di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) perikanan air payau dan laut wilayah selatan dan Keramba Jaring Apung (KJA) Universitas Padjadjaran Pantai Timur Pangandaran.

Pelatihan budidaya lobster laut tersebut diikuti 20 peserta perwakilan dari Kodim Ciamis, Kodim Lebak, Kodim Garut, Kodim Pandeglang, Kodim Tasikmalaya, Kodim Cianjur, dan Kodim Sukabumi dengan metode pelatihan teori dan praktek.

Hal tersebut disampaikan Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) III/Siliwangi Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto saat dihubungi via telepon, Rabu (22/6/2022).

Baca Juga: Antisipasi Banjir di Kota Bandung, DSDABM Lakukan Pengerukan Gorong-gorong di 68 Titik

Menurutnya pelatihan tersebut dilaksanakan masih dalam rangkaian HUT ke - 76 Kodam III/Slw juga sebagai tindak lanjut dari kegiatan Pameran Inovasi Kodam III/Slw beberapa waktu yang lalu, yang salah satunya diikuti oleh FPIK Unpad.

Sementara itu, untuk pemateri pelatihan adalah Dekan FPIK Unpad Dr.Yudi Nurul Ihsan, Dr. Rita Rostika, MP dan Dr. Kiki Haetami, M. Pt.

Adapun materi yang diberikan yaitu budidaya lobster laut secara umum, pengenalan umum KJA modern dan pedoman pemanfaatannya, teknik budidaya benih-benih lobster (BBL) atau pendederan, teknik budidaya lobster remaja/pembesaran, teknologi pakan dan pengendalian parasit dan penyakit serta sekilas pengenalan pemberian pakan ikan kerapu.

Baca Juga: Ikuti Perkembangan Digital, Polri Luncurkan Berbagai Program Berbasis IT

Selain menerima teori, peserta pelatihan juga melaksanakan praktek ke lokasi keramba jaring apung, untuk melakukan bagaimana teknik memasukkan benih, teknik pemberian pakan menggunakakan corong, dan teknik membersihkan kerangkeng. Selain itu juga menerima pengenalan penggunaan bagan ikan untuk menunjang kegiatan budidaya lobster.

Halaman:

Editor: kwon oca

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Touring Siliwangi Babak 3, Hari Ini Digelar

Senin, 4 Juli 2022 | 22:24 WIB

Kapolri Persilahkan Masyarakat Kritik Polri

Senin, 4 Juli 2022 | 12:11 WIB
X